ONUR Bangun Gedung Nias Nusantara


Dewan Pimpinan Pusat (DPP ONUR) menggelar acara Peletakan batu pertama pada pembangunan Gedung Nias Nusantara yang di selenggarakan secara besar-besaran yang berlokasi di Kecamatan tenayan raya Kota Pekanbaru Provinsi Riau pada hari senin tanggal, 16/05/2022.

Dalam acara yang dipimpin langsung Ketua Umum DPP Orahua Nias Nusantara (ONUR) Provinsi Riau Asoaro Gea, SH,MH dan dihadiri oleh Pemprov Riau yang di wakili Kaban Kesbangpol Pemprov Riau, anggota DPRD Provinsi Riau Soniwati Wau, Perwakilan Walikota Pekanbaru, Perwakilan Polresta Pekanbaru, Bupati Kepulauan Meranti, Wakil Bupati Nias Selatan Firman Giawa, SH, MH, anggota DPRD Kabupaten Nias Vantos Waruwu, Ketua DPRD Kabupaten Nias Utara anggota DPRD Kabupaten Nias Bedali Lase, Sekwan DPRD Kabupaten Nias Utara, Tokoh Masyarakat Nias dan Paguyuban masyarakat Nias yang ada di Provinsi Riau seperti HIMNI, IKNR, IKRANIS, PMNBI, PEKANIRA, PNK, dan banyak lagi yang tidak dapat disebut satu persatu.

Pada sambutan bapak Gubernur riau yang di wakili Oleh Kepala badan Kesbangpol Provinsi riau mengatakan ”Besar harapan dengan adanya pembangunan gedung ini sebagai sarana Guna meningkatkan kebersamaan dan silaturahmi antar sesama paguyuban baik dengan masyarakat nias itu sendiri maupun dengan dengan suku lain yang ada di provinsi riau serta tetap melestarikan budaya Nias dengan menggandeng budaya Melayu sebagai tuan rumah ” ujarnya.

Kemudian, Bupati Kepulauan Meranti, H. Muhammad Adil SH, MM itu mengajak untuk membangun pemerintah menuju Riau cerdas, maju dan bermartabat. Adil menilai banyak warga Nias menjadi orang besar dan pejabat di Provinsi Riau sehingga mampu berkolaborasi menyumbangkan pikiran.

"Jadi tentu saja keberadaan warga Nias di Riau harus pula turut andil dalam upaya pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah," sebutnya.

 

Ketua DPP organisasi Nias Nusantara (ONUR) Asoaro Gea, S.H., M.H. mengatakan ” bahwa kegiatan Peletakan batu pertama pembangunan Gedung Nias Nusantara ini adalah sebagai wujud kebersamaan warga Nias yang ada di pekanbaru dan hari ini kami juga akan membagikan sertifikat tanah di lokasi ini yang sudah di kavling dan dibagikan kepada warga Nias yang sudah membeli tanah kavling di sekeliling tempat Gedung yang mau kita bangun ini, Sebagai bentuk dukungan dalam kegiatan pembangunan Gedung Nias Nusantara ini.

Wakil Bupati Nias Selatan juga menyampaikan kata sambutan nya bahwa ini awal dan tetap berkelanjutan apalagi pekerjaan pembangunan ini tidak akan selesai satu tahun, Ayo kita dukung kegiatan ini.

Setelah peletakan batu pertama dan acara diakhiri dengan potong tumpeng ulang tahun ONUR ke 7 tahun. Yang disaksikan lebih 1500 orang warga Nias yang datang dari berbagai daerah kabupaten/kota di Provinsi Riau.

Ketua panitia pembangunan Gedung Nias Nusantara Alimasa Gea, S.Ag., M.Pd yang baru saja dilantik pada hari tersebut mengucapkan ribuan terimakasih atas semua dukungan masyarakat Nias dan pemerintah sampai terselenggaranya acara ini terlebih lebih dukungan dari pemerintah daerah se-kepulauan Nias, dan pemerintah Provinsi Riau maupun pemerintah kabupaten atau kota se-provinsi Riau.

Kegiatan yang sangat meriah tersebut turut dihadiri dan di hibur oleh Artis kebanggaan Warga Pulau Nias Vantos Waruwu sekaligus Pencipta mars ONUR dan Monalisa Zalukhu, BMJ group, Amano trio dan Soga Music.

Humas DPP ONUR ***

SLOGAN ONUR